LUBUK LINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuk Linggau, H Koimudin memimpin rapat evaluasi PBB-P2 Kota Lubuk Linggau tahun 2024, Senin (4/11/2024).
Dalam arahannya, Pj Wako mengatakan sebagaimana diketahui bersama, pajak mempunyai peranan penting dalam kehidupan bernegara, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai pengeluaran negara.
"Pajak bumi dan bangunan atau lebih kita kenal dengan PBB juga berperan besar sebagai salah satu sumber pendapatan negara," ujarnya.
Untuk itu, pemerintah berharap penerimaan dari sektor pajak dapat diandalkan untuk membiayai pembangunan daerah/nasional.
Hal ini dapat dilihat dalam APBN yang menunjukkan semakin besarnya prosentase penerimaan negara dari pajak. Oleh karena itu penggalian penerimaan dari sektor pajak masih dapat dioptimalkan dengan berbagai sarana misalnya ekstensifikasi pajak (menambah jumlah wajib pajak) maupun dengan intensifikasi pajak (mengaktifkan atau menggali potensi pajak dari wajib pajak yang sudah ada).
Selanjutnya, kepada camat dan lurah dia berpesan agar selalu melakukan pemantauan terhadap petugas PBB, serta koordinasi dengan ketua RT dalam penyampaian SPPT PBB-P2 kepada wajib pajak agar SPPT tersebut benar- benar sampai ke sasaran.
Selain itu mengintensifkan pemungutan juga perlu dilakukan sehingga penerimaan yang telah ditetapkan pada setiap kelurahan dapat meningkat dari tahun sebelumnya.
Tak lupa Pj Wako mengucapkan selamat kepada forum Ketua RT Kota Lubuk Linggau atas partisipasi aktif dalam membantu Pemkot Lubuk Linggau terhadap penerimaan PBB P2 2024 menjadi terbaik kesatu.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan apresiasi kepada Ketua RT terhadap pembayaran PBB P2 dengan realisasi pencapaian terbaik tahun 2024 masing-masing RT 11 Kelurahan Taba Jemekeh, RT 01 Watervang dan RT 05 Kelurahan Pasar Permiri.
Berikutnya apresiasi terhadap pembayaran PBB P2 dengan realisasi persentase pencapaian terbaik yakni RT 01 Kelurahan Jawa Kanan, RT 02 Kelurahan Jawa Kiri dan RT 03 Kelurahan Wira Karya.
Turut Hadir Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, camat dan lurah.(*/Mol).